Resume Manusia Sebagai Makhluk Allah

Maret, 18 2018

Manusia sebagai makhluk ciptaan Allah SWT.

Seperti di materi yang sebelumnya kita bahas tentang (fujuraa) dan Takwa. Manusia adalah ciptaan Allah yang diciptakan-Nya lebih sempurna dari makhluk lain yang diciptakan-Nya. Kesempurnaan yang dimiliki manusia merupakan suatu konsekuensi fungsi dan tugas mereka sebagai khalifah di muka dumi ini. Al-Quran menerangkan bahwa manusia berasal dari tanah. Membicarakan tentang manusia dalam pandangan ilmu pengetahuan sangat bergantung metodologi yang digunakan dan terhadap filosofis yang mendasari. Sebenarnya manusia itu terdiri dari 3 unsur yaitu : 1. Jasmani. Terdiri dari air, kapur, angin, api dan tanah. 2. Ruh. Terbuat dari cahaya (nur). Manusia adalah khalifah yang dikrim ke bumi untuk menjadi penghuni dan pemimpin yang akan menajaga bumi dengan sebaik-baiknya . Allah SWT menciptakan manusia di muka bumi agar manusia dapat menjadi kalifah di muka bumi tersebut. Yang dimaksud dengan khalifah ialah bahwa manusia diciptakan untuk menjadi penguasa yang mengatur apa-apa yang ada di bumi, seperti tumbuhannya, hewannya, hutannya, airnya, sungainya, gunungnya, lautnya, perikanannya dan seyogyanya manusia harus mampu memanfaatkan segala apa yang ada di bumi untuk kemaslahatannya. Jika manusia telah mampu menjalankan itu semuanya maka sunatullah yang menjadikan manusia sebagai khalifah di bumi benar-benar dijalankan dengan baik oleh manusia tersebut, terutama manusia yang beriman kepada Allah SWT dan Rasulullah SWT.
Namun pada era ini banyak manusia yang merusak dan tidak bertanggung jawab atas apa yang telah dilakukannya. Allah SWT. meciptakan alam semesta ini dengan semegah-megah-nya agar manusia itu sendiri mensyukurbertakwa atas apa yang telah Allah berikan kepada kita. Tidak jarang kita temui pada masa ini manusia tidak perduli terhadap lingkungan di sekitarnya. mereka semena-mena merusak dan dan begitu saja meninggalkan apa yang telah Allah SWT berikan kepada kita. adapun contoh sikap yang harus kita lakukan untuk menjaga dan mensyukuri apa yang telah ALLAH SWT. limpahkan kepada kita , diantaranya : 

1. Memakmurkan Bumi.
    Dengan memanfaatkan kekayaan alam yang telah disediakan Allah di muka bumi tercinta ini dengan arahan dan syariat yang lurus, yaitu berdasarkan Al-Quran dan As-Sunah (hadist). tentunya agar bermanfaat bagi makhluk lain dan tidak mubazir. Karna sikap mubazir adalah hal yang dibenci oleh ALLAH SWT.

2. Memelihara Bumi.
    Menjaga bumi dari kerusakan atau kehancuran alam, baik itu yang disebabkan alam sendiri maupun oleh tangan-tangan jahil para manusia.yaitu dengan mencitakan akidah dan akhlakul karimah agar selalu terpeliharanya kesejahteraan di muka bumi.
                        
3. Melindungi Bumi
    Kita sebagai makhluk ciptaan ALLAH SWT. sudah seharusnya melindungi bumi dan seisinya, seperti yang sudah terkandung dalam lima pokok kehidupan yaitu, agama (aqidah), jiwa manusia,harta kekayaan,akal pikiran, dan keturunan (kehormatan). tentunya ini adalah tugas terberat kita sebagai makhluk sesama, hal ini bisa kita terapkan mulai dari diri sendiri, kita dapat menunjukkan suatu kebenaran sebagai kebenaran dan dapat menegakkan di tengah-tengah kehidupan umat manusia. Serta dapat menunjukkan kepada umat manusia, bahwa kebatilan adalah kebatilan dan dapat mengajak seluruh umat manusia untuk menumbangkannya bersama demi mencapai tujuan bersama yang diharapkan.

Kita sebagai makhluk ciptaan Allah SWT. harus benar-benar menyakini dan mengimani bahwa kita adalah khalifah di muka bumi ini harus menjaga dan mensyukuri karunia yang telah ALLAH SWT.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manusia Sebagai Makhluk Ibadat

KETERBATASAN ILMU PENGETAHUAN

Resume Manusia Sebagai Makhluk Otonom