Resume Hablumminannas


Hablumminnas
(Hubungan Horizontal Manusia dengan manusia)

Hablum minannas merupakan hubungan baik sesama manusia. Adanya hubungan ini adalah konsekuensi tak terhindarkan dari interaksi dengan sesama manusia karena kita membutuhkan bantuannya. Seorang muslim tidaklah cukup membangun hubungan baik dengan Allah tetapi harus pula membangun hubungan baik dengan sesama manusia.
Hablumminannas ialah amalan-amalan lahir kita yang termasuk dalam bidang-bidang muamalat (kerja-kerja yang ada hubungannya dengan masyarakat), munakahat (persoalan kekeluargaan) dan jinayah serta tarbiyah Islamiyah, soal-soal siasah, fisabilillah, jihad dan persoalan alam beserta isinya.
Hubungan sesama manusia dalam Islam adalah hubungan sebagai saudara sebagaimana firman Allah surat al Hujurot ayat 10 "orang-orang beriman itu Sesungguhnya bersaudara. sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat."
Demikianlah hubungan sesama orang Islam yang didasarkan atas persaudaraan, rasa simpati dan kasih sayang, sedang hubungan orang-orang Islam dengan umat-umat lain adalah hubungan perkenalan, tolong-menolong dan keadilan.
Agama islam tidak berhenti pada batas mempopulerkan prinsip perdamaian, namun lebih jauh dari pada dijadikannya perdamaian sebagai dasar bagi hubungan antar sesama manusia, antar bangsa-bangsa dan antar negara-negara.
 Kita tidak bisa hidup sendiri tanpa didampingi oleh manusia lainnya. Selain itu saat kita berinteraksi kita harus memiliki sifat terpuji (Akhlaqul Kharimah) guna mempereratkan hubungan kita. Tirulah akhlaq Rasulullah SAW dalam kehidupan sehari – harinya Beliau. Beliau selalu bersikap baik kepada semua orang bahkan kepada orang non  muslim sekalipun.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manusia Sebagai Makhluk Ibadat

KETERBATASAN ILMU PENGETAHUAN

Resume Manusia Sebagai Makhluk Otonom